0


Silabus Kurikulum 2013 SMA SMK Revisi 2018

Silabus Kurikulum 2013 SMA SMK Revisi 2018

Silabus Kurikulum 2013 SMA SMK Revisi 2018


Silabus Kurikulum 2013 SMA SMK Revisi 2018 ini merupakan perangkat administrasi terbaru yang akan kami bagikan khusus untuk Guru jenjang SMA/MA/SMK dalam melengkapi Perangkat Pembelajaran Guru SMA/MA/SMK Kelas X/10, Kelas XI/11 dan Kelas XII/12 Tahun Ajaran 2018/2019.


Pengertian Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

1. Pengertian Silabus

Istilah silabus dapat didevinisikan sebagai “garis besar, ringkasan, atau pokok-pokok isi atau materi pelajaran”. Silabus digunakan untuk menyebut suatu produk pengembangan kurikulum berupa penjabaran lebih lanjut dari standart kompetensi dan kemampuan dasar yang ingin dicapai, dan pokok-pokok serta uraian materi yang perlu dipelajari siswa dalam mencapai standart kompetensi dan kemampuan dasar.

Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran dengan tema tertentu, yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar yang dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan.

2. Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajar

Rencana yang menggambarkan prosedur dan manajemen pembelajaran untuk menecapai satu atau lebih kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan di jabarkan dalam silabus.

Prinsip Pengembangan Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

1. Prinsip Pengembangan Silabus

Pengembangan Silabus diserahkan sepenuhnya kepada setiap satuan pendidikan, khususnya bagi yang sudah mampu melakukannya. Oleh karena itu, setiap satuan pendidikan di beri kebebasan dan keleluasaan dalam mengembangkan silabus sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing. Agar pengembangan silabus yang dilakukan oleh setiap satuan pendidikan tetap berada dalam bingkai pengembangankurikulum nasional, maka perlu memerhatikan prinsip-prinsip pengembangan silabus, yang meliputi :

a. Ilmiah

Pengembangan silabus berbasis KTSP harus dilakukan dengan prinsip ilmiah, yang mengandung arti bahwa keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar, logis dan dapat dipertanggung jawabkan secara keilmuan.

b. Relevan

Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian dalam silabus sesuai atau ada keterkaitan dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional dan spiritual peserta didik.

c. Sistematis

Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.

d. Konsisten

Adanya hubungan yang konsisten antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok, pengalaman belajarr, sumber belajar dan sistem penilaian.

e. Memadai

Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.

f. Aktual dan Kontekstual

Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman bekajar, sumber belajar dan sistem penilaian memerhatikkan perkembangan ilmu, teknologi dan seni mutakhir daalm kehidupan nyata, dan peristiwa yang terjadi.

g. Fleksibel

Keseluruhan komponen silabus dapat mengakomodasi keragaman peserta didik, pendidik, serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat.

h. Menyeluruh

Komponen silabus mencakup keseluruhan ranah kompetensi (kognitif, afektif, psikomotor).

2. Prinsip Pengembangan RPP

Pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran harus memperhatikan perhatian dan karakteristik peserta didik terhadap materi standart yang dijadikan bahan kajian.

Terdapat beberapa prinsip yang harus diperhatikan dalam pengembangan RPP, yakni :

a. kompetensi yang dirumuskan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran harus jelas, makin konkrit, kompetensi makin mudah di amati, dan makin cepat kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan untuk membentuk kompetensi tersebut.

b. Rencana pelaksanaan pembelajaran harus sederhana dan fleksibel, serta dapat dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran, dan pembentukan kompetensi peserta didik.

c. Kegiatan disusun dan di kembangkan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran harus menunjang, dan sesuai dengan kompetensi dasar yang akan diwujudkan.

d. Rencana pelaksanaan pembelajaran yang dikembangkan harus utuh dan menyeluruh, serta jelas pencapaiannya.

e. Harus ada koordinasi antar komponen pelaksana program disekolah, terutama apabila pembelajaran dilaksanakan secara tim atau dilaksanakan di luar kelas, agar tidak mengganggu jam-jam pelajaran pembelajaran.

Perbedaan Silabus dan RPP

Dalam Silabus untuk menyebut suatu produk pengembangan kurikulum berupa penjabaran lebih lanjut dari standart kompetensi dan kompetensi dasar yang ingin dicapai dan pokok-pokok serta uraian materi yang perlu dipelajari siswa dalam mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar Dalam silabus tidak ada langkah-langkah pembelajaran Silabus dibuat untuk satu semester.

RPP yang menggambarkan prosedur dan managemen pembelajaran untuk mencapai satu atau lebih kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan dalam isi silabus.

Dalam RPP terdapat langkah-lamgkah pembelajaran RPP dibuat dalam satu pertemuan / BAB

Adapun tujuan dari silabus dan RPP, yakni Agar pembelajaran yang dilakukan lebih terstruktur Yang dijadikan patokan adalah Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar tersebut.

Dan yang dijadikan patokannya adalah silabus karena silabus dibuat terlebih dahulu dari pada RPP.

Adapun kelebihan dalam silabus dan RPP, seharusnya silabus dan RPP dibuat dengan baik dan terperinci. Sehingga tujuan dalam pembelajaran dapat tercapai.


Silabus Kurikulum 2013 SMA/SMK Revisi 2018 Terlengkap Format Doc & Pdf

silabus & RPP seni budaya sma kurikulum 2013 revisi 2017 doc- SIMPAN SILABUS DOC - SIMPAN FILE RPP

silabus & RPP Prakarya sma kurikulum 2013 revisi 2017 doc SIMPAN SILABUS DOC - SIMPAN RPP DOC

silabus & RPP matematika sma kurikulum 2013 revisi 2017 docSIMPAN SILABUS DOC - SIMPAN RPP DOC

silabus & RPP PJOK sma kurikulum 2013 revisi 2017 doc SIMPAN SILABUSSIMPAN RPP PJOK

silabus & RPP PPKN sma kurikulum 2013 revisi 2017 doc SIMOAN SILABUS - SIMPAN RPP PKN

silabus & RPP sejarah indonesia sma kurikulum 2013 revisi 2017 doc SIMPAN Silabus SIMPAN RPP

silabus & RPP pai sma kurikulum 2013 revisi 2017 doc SIMPAN Silabus SIMPAN RPP Kurikulum 2013 SMA

silabus & RPP bahasa indonesia sma kurikulum 2013 revisi 2017 doc simpan Silabus k13 -

RPP Kurikulum 2013 SMA

silabus & RPP bahasa inngris sma kurikulum 2013 revisi 2017 doc simpan Silabus SIMPAN RPP

Berikut silabus k13 revisi 2017 mapel jurusan IPA

silabus matematika sma IPA kurikulum 2013 revisi 2017 doc - SIMPAN silabus - SIMPAN rpp

silabus sma biologi kurikulum 2013 revisi 2017 doc save Silabus SIMPAN RPP Kurikulum 2013 SMA

silabus sma fisika kurikulum 2013 revisi 2017 doc simpan silabus Fisika - SIMPAN

silabus sma kimia kurikulum 2013 revisi 2017 doc SIMPAN SIMPAN RPP

silabus kimia sma kurikulum 2013 revisi 2017 doc simpan Silabus - simpan RPP

silabus geografi sma kurikulum 2013 revisi 2017 doc simpan Silabus simpan RPP

silabus sejarah sma kurikulum 2013 revisi 2017 doc simpan Silabus  - simpan RPP

silabus sosiologi sma kurikulum 2013 revisi 2017 doc simpan Silabus simpan RPP

silabus antropologi sma kurikulum 2013 revisi 2017 doc save silabus RPP simpan file

Silabus K13 Sekolah Menengah Atas Mapel Bahasa & Sastra Asing - RPP Kurikulum 2013 Sekolah Menengan Atas

Silabus Kurikulum 2013 Sekolah Menengan Atas Mapel Bahasa & Sastra Indonesia simpan silabus - simpan RPP

Silabus Kurikulum 2013 Sekolah Menengan Atas Mapel Bahasa dan Sastra Inggris simpan silabus - simpan RPP



Semoga Silabus Kurikulum 2013 SMA SMK Revisi ini bisa membantu anda dalam menemukan refensi yang tepat. Kritik dan saran kami harapkan demi perbaikan dan kemajuan blog ini di masa yang akan datang. Dapatkan juga perangkat administrasi lainnya yang kami bagikan juga di blog rppkurikulum2013smasmpsd-baru.blogspot.com ini secara gratis.

Download juga !!!



Posting Komentar

 
Top